Kamis, 07 Februari 2013

MANFAAT INTERNET UNTUK PARA PELAJAR, PENDIDIKAN DAN MASYARAKAT


Internet adalah wadah dan sumber informasi bagi setiap individu saat ini, karena melalui internet pencari berita akan lebih mudah dan mendapatkan lebih banyak informasi hanya dengan memasukan kata kunci atau informasi yang dicari tanpa harus menunggu lama dan  mencari narasumber atau pun datang ke tempat kejadian. Walhasil  internet adalah  komoditi utama yang sangat  trend an dibutuhkan saat ini.
Secara harfiah, internet (kependekan dari 'interconnected-networking') ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Sehingga dengan melesatnya perkembangan internet sekarang sepesat itu pulalah perkembangan ilmu pengetahuan bagi para pelajar, pendidikan dan masyarakat, lalu menimbulkan sisi positif dan sisi negative.
Sisi positif internet bagi pelajar dan pendidikan
1.      Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan dengan menu-menu pengetahuan yang tersedia di internet
2.      Sebagai sumber tambahan Pelajaran yang belum di mengerti di Sekolah
3.      Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer
4.      Sebagai Sarana Komunikasi: Sarana Komunikasi Camsh pasang yang terakhir karena ini hanyalah sarana untuk bertukar Informasi dengan teman di Internet untuk menambah wawasan namun jarang sekali Manfaat Internet bagi pelajar maupun mahasiswa untuk menggunakannya seperti itu melainkan sarana untuk chatting chattingan, sungguh sangat di sayangkan.
Sisi positif internet bagi Masyarakat
1.      Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat.
2.      Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan.
3.      Dalam hal pergaulan,internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan.
4.      Bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet.
5.      Kelebihan dari bisnis jenis ini adalah kita tidak perlu repot-repot menyewa lahan/toko untuk berjualan.
6.      sinilah letak manfaat jejaring sosial yang ada di internet.
7.      Media internet adalah salah satu media yang sangat bagus untuk promosi.
8.      Manfaat internet bagi masyarakat tak cuma terbatas pada para pebisnis, dan juga untuk para konsumen. Bila kita malas keluar rumah untuk belanja barang-barang tertentu, kita bisa mencari barang yang kita inginkan lewat internet. Tinggal pesan, bayar dengan cara yang disepakati, lalu tunggu di rumah.
Namun segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti memiliki nilai positif dan negative, namun artikel ini hanya mengulas dari segi manfaat dan nilai positif dari internet, untuk sisi negative penulis tidak menyebutkan secara mendetail. Tapi dapat dilihat secara tersirat tidak tersurat bahwa internet adalah perkembangan teknologi yang memudahkan namun membuat pergaulan manusia berubah dari nilai value yang sebenarnya yaitu berkumpul (bersilaturrahmi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar